Pengertian Stocks Inventory

Stocks Inventory adalah perangkat lunak manajemen persediaan atau stok barang gratis untuk PC. Stocks Inventory memungkinkan kita untuk melacak produk atau item berdasarkan transaksi barang atau jenis transaksi. 2BizBox ERP merupakan aplikasi ERP dan manajemen persediaan atau stok barang.

Pada dasarnya Rightcontrol dibuat untuk usaha kecil dan menengah dalam mengelola persediaan, stok barang, membuat laporan dll. Kumpulan Aplikasi Persediaan Stok Barang Gudang cari gudang jakarta Gratis & Terbaik selanjutnya adalah Inventory Track. Kumpulan Aplikasi Persediaan Stok Barang Gudang Gratis & Terbaik pada daftar ini menawarkan banyak fitur yang sangat baik.

Aplikasi Persediaan Stok Barang Gudang Gratis & Terbaik. Setelah Anda mengumpulkan data input dan output barang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang berupa jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini. Dengan tersedianya data yang telah dicatat secara akurat baik dari periode sebelumnya maupun untuk periode sekarang mengenai stok barang dalam gudang, perusahaan seharusnya sudah dapat memperkirakan jumlah stok barang yang perlu ditambahkan di gudang untuk beberapa waktu kedepannya sehingga berguna untuk mengantisipasi adanya kekurangan stok barang yang dipesan oleh pembeli, yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui data penjualan pada periode sebelumnya dan dapat menentukan target pemasaran atau penjualan pada periode sekarang sehingga nantinya akan diketahui barang apa saja yang dapat dijadikan stok untuk penjualan kedepannya. Data yang dimaksud disini adalah data stok barang yang masuk (pembelian dari supplier) dan yang keluar (penjualan kepada para pembeli) serta sisa stok barang yang masih tersedia. Berikut akan dibahas 7 cara mudah dalam mengelola persediaan barang di gudang bagi para perusahaan, yaitu antara lain:

Semakin besar sebuah perusahaan (terutama pada perusahaan dagang atau ritel), semakin besar dan banyak pula gudang yang diperlukan untuk menyimpan persediaan atau stok barang yang nantinya akan dijual kepada para pembeli. Aplikasi yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan kebanyakan aplikasi gudang lainnya, seperti pemantauan barang masuk dan keluar, serta pendataan dan membuat daftar produk. Cara kerja aplikasi yang satu ini adalah dengan melacak barang berdasarkan jenis transaksi yang sudah dilakukan, sehingga ini bisa sekaligus membantu Anda produk-produk yang sudah terjual dan barang yang masih bertahan di gudang.

Sesuai dengan namanya, Anda bisa mengecek stok dari produk yang Anda jual dengan satu genggaman aplikasi. Berikut adalah tujuh aplikasi gudang terbaik untuk membantu Anda mengecek persediaan barang. Stok barang jadi yang ada di gudang akan dikalkulasikan dengan data forecasting (peramalan) atau data rencana penjualan yang diterima dari marketing.

Selain itu, Anda juga harus menerapkan sistem administrasi dan dokumentasi yang mampu memonitor arus keluar, masuk, dan penambahan stok barang. Itulah penjelasan dan contoh laporan stok barang gudang yang perlu Anda ketahui. Dalam tahap ini, orang-orang di gudang akan melakukan persiapan untuk melakukan stock opname seperti sticker atau tag, merapikan stok sesuai dengan jenis dan kode, melengkapi stok barang dengan barcode yang sesuai dan lain sebagainya.

Stock opname dilakukan tidak hanya untuk mengetahui jumlah persediaan barang dagang, tetapi juga diharapkan mampu membantu menghitung kas, aktiva, piutang serta utang perusahaan. Namun dengan munculnya barcode, ternyata dapat memudahkan dalam melakukan stok opname dan dipercaya dapat membantu perusahaan untuk mengurangi kesalahan pencatatan dan perhitungan barang dagangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *