Wisata

Informasi Tempat Wisata Dieng, Dataran Tinggi Bak Nukilan Surga Pulau Jawa

Sebagai salah satu negara yang diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa, maka tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali pesona tempat wisata alam yang mungkin tidak akan Anda jumpai di negara lainnya. Salah satu wisata alam hits dan wajib Anda kunjungi setidaknya sekali dalam hidup Anda adalah Dieng. Yuk, langsung saja kita simak informasi tempat wisata menarik yang ada di daerah Jawa Tengah ini.

Lokasi Wisata

Jawa Tengah rupanya tidak hanya menyimpan pesona wisata budaya yang kental dengan adat Jawanya, melainkan juga memiliki Dieng sebagai tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Berada pada ketinggian rata-rata sekitar 2000 meter di atas permukaan laut, daerah ini nyatanya merupakan satu kawasan yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Alternatif aksesnya pun memiliki beraneka ragam moda transportasi, sebut saja kereta api, bus, dan kendaraan pribadi. Bahkan, jika Anda berasal dari luar Pulau Jawa dan ingin berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda bisa menggunakan moda transportasi udara yang mana nantinya bisa landing dulu di kota Solo atau Jogja.

Daya Tarik Wisata

Dataran tinggi yang berjarak sekitar 60 menit dari Kab. Wonosobo ini memang sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang terbiasa hidup di daerah perkotaan. Pasalnya, berbagai keindahan alam yang ada disana seperti persawahan terasering, perbukitan hijau, hingga telaga akan memanjakan mata Anda. Nah, beberapa informasi tempat wisata di Dieng yang wajib didatangi adalah Telaga Menjer, Telaga Warna, dan Telaga Cebong.

Selain lokasi wisata tersebut, ada juga wisata berupa Gardu Pandang Tieng. Disana, Anda bisa menyaksikan pemandangan landscape kota Dieng yang bagai miniatur kecil jika dibandingkan dengan Gunung Sindoro yang melatarbelakanginya. Tidak hanya itu, begitu berada di atas Gardu ini, Anda akan merasa bisa menggapai awan dan merengkuh gumpalan kapas dengan bermacam-macam bentuk tersebut.

Tak ketinggalan, wisata sejarah dan budaya seperti Candi Arjuna, Desa Sembungan yang dinobatkan sebagai “desa tertinggi di Pulau Jawa”, dan Dieng Plateu Theatre pun juga wajib dikunjungi. Bahkan, ketiga lokasi wisata ini adalah lokasi wajib yang juga didatangi wisatawan dari mancanegara lho.

Terakhir, ketika datang ke Dieng jangan lupa untuk berwisata kuliner sekalian. Cobalah menu Mie Ongklok dan Sate Tahu yang mana menjadi makanan khas daerah yang dijuluki wisatawan sebagai Tahan Dewa-Dewi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*